Header Ads

banner image

5 Makanan Khas Perancis yang Memiliki Citarasa Tinggi

Halo Food Lovers

Makanan Khas Perancis memang memiliki citarasa yang terkenal dengan kelezatan tingkat tinggi. Bisa juga dibilang bahwa perancis merupakan pusat kuliner dunia yang terkenal sejak jaman dahulu.


Tak hanya lezat, kuliner di Perancis juga disajikan dengan sangat artistik.  Tak hanya enak disantap, namun juga enak dipandang.

Berikut ulasan Ngefood tentang 5 Makanan Khas Perancis yang Memiliki Citarasa Tinggi.

1. Foie Gras


Makanan khas Perancis ini sangat terkenal di dunia dan sudah menjadi masakan favorit sejak jaman raja-raja di abad pertengahan.  Foie Gras terbuat dari hati angsa yang dibuat pasta, bisa disajikan dalam berbagai cara, mulai dari digoreng, dipanggang, dibakar bersama saus khas Perancis, hingga dicampurkan ke dalam sandwich.

Rasa Foie Gras benar-benar unik dan lezat.  Gigitan pertama, anda merasakan sesuatu yang benar-benar lembut seperti mentega, namun lebih gurih dan kaya akan rasa.  Saking lezatnya, satu porsi Foie Gras di restoran bintang lima bisa dihargai hingga ribuan dollar Amerika Serikat.

Dibalik kelezatan Foie Gras, banyak orang yang tidak tahu bahwa kelezatan ini berasal dari penderitaan Angsa. Untuk mengembangkan lemak hatinya, angsa atau bebek dipaksa makan secara terus menerus.

Ini dilakukan hingga beratnya mencapai 700 hingga 900 gram dari berat normalnya yaitu 85-70 gram. Caranya, dengan menaruh pipa logam yang mengalirkan makanan melewati tenggorokan ke perut angsa.

Proses ini, seperti dilansir dari Telegraph,  dinamakan force-feeding atau proses memberi makanan berlebihan yang dilakukan empat kali sehari pada empat atau lima bulan sebelum angsa tersebut dipotong. Makanan yang diberikan biasanya terbuat dari jagung. Hasilnya, untuk berat satu kilogram hati mencapai 100-200 Euro, atau dalam rupiah sekitar Rp1 juta hingga 2 juta. 

2. Beef Bourguignon


Jika Indonesia punya rendang, maka Beef Bourguignon adalah makanan utama kebanggaan Perancis.  Rasanya yang lezat, dipadu dengan saus khas negara menara Eiffel ini membuat Beef Bourguignon menjadi makanan favorit turis manca negara.  Banyak turis yang rela mengantri berjam-jam untuk mencoba hidangan ini dari restoran Perancis terbaik.

Kelebihan dari Beef Bourguignon adalah daging sapi yang teksturnya benar-benar lembut, karena dimasak dalam anggur merah dalam waktu yang cukup lama.  Rasanya sangat kaya, khas, dan gigitan pertama bisa membuat anda seolah berada di surga.

Hidangan ini awalnya merupakan hidangan asli dari daerah Burgundy di Perancis. Menurut Ronny Nughroho Widianto, seorang Chef khusus masakan Perancis Oh La La Maison yang dilansir dari VIVAlife, Boeuf bourguignon sebenarnya merupakan beef stew atau semur daging sapi, namun tentu saja memakai bumbu-bumbu tambahan khas Perancis seperti thyme yang dimasak perlahan.

Ronny juga menjelaskan bahwa daging sapi yang digunakan dalam hidangan ini adalah daging sapi tenderloin yang sangat empuk dan tidak memiliki lemak. Cara memasaknya adalah dengan merebus daging sapi (braised) di dalam red wine dan kaldu daging sapi hingga empuk, kemudian ditambahkan bawang putih, bawang bombai, bouquet garni, pearl onion dan jamur menjelang akhir proses memasak.

3. Tarte Tartin


Pecinta makanan manis tidak boleh melewatkan Tarte Tartin alias "Tart Buah" yang kelezatannya sangat khas.  Makanan Perancis ini memiliki cerita unik, di mana seorang wanita yang berencana membuat cake buah memanggang rotinya terlalu lama sehingga agak gosong.  

Karena merasa sayang untuk membuangnya, ia akhirnya membalik bagian gosong kue tersebut dan menyajikannya.  Ternyata, rasanya sangat lezat.

Tarte tatin adalah kue tradisional Perancis yang sangat klasik. Tarte tatin memiliki bentuk yang mirip seperti pie buah yang manis. Di Perancis, kue satu ini disebut sebagai kue tart apel dengan potongan buah apel di atasnya dengan lapisan karamel yang manis.

Ada berbagai campuran buah yang digunakan untuk membuat kue tart ini.  Yang paling populer biasanya adalah campuran aprikot dan apel.  Namun ada juga berbagai restoran yang menambahkan buah-buahan tropis seperti mangga dan nanas untuk membuat rasanya lebih lezat.

4. Nicoise Salad


Salad adalah menu makanan yang sangat tepat untuk mengawali hari, karena selain memiliki rasa yang ringan juga bergizi tinggi.  Kuliner ini juga selalu ada di setiap menu-menu restoran di Eropa, mulai dari yang bertipe fast food hingga di restoran bintang lima.  Nah, jika kamu berminat mencicipi masakan Perancis, maka Nicoise Salad adalah menu yang wajib anda coba.

Nicoise salad adalah salah satu hidangan atau makanan yang berasal dari Perancis. Makanan tersebut termasuk makanan yang sangat menyehatkan karena bahan  bahan yang digunakan berupa sayuran segar serta ditambahkan dengan saus salad untuk membuat cita rasa dari nicoise salad tidak terasa hambar. 

Tentunya menu makanan salad masih cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Di beberapa negara maju di dunia, salad sudah menjadi makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakatnya khususnya bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.


Menu ini terdiri dari sayur-sayuran mentah yang dipotong kecil-kecil, seperti kentang, kol, dan kacang hijau.  Tak hanya itu, beberapa irisan tuna goreng dan telur rebus juga ditambahkan untuk menambah nilai nutrisi.  Sedikit mayones khas Perancis pun dicampurkan ke dalam salad untuk memberi sentuhan akhir.

5. Croissant


Makanan ini dinobatkan oleh CNN sebagai salah satu masakan paling enak di dunia, dan bisa ditemukan di berbagai bakery di seluruh dunia.  Tak hanya di Perancis, croissant adalah menu makanan yang boleh dibilang sangat populer. Roti dengan bentuk melingkar ini biasanya disantap bersama segelas teh ataupun capuccino untuk mengawali hari anda yang penuh kesibukan.

Selain versi original dari croissant, anda mungkin juga bisa menikmati butter croissant, di mana lumuran mentega yang gurih digunakan untuk memperkaya rasa lapisan luar makanan ini.  Selain itu, ada juga cheese croissant yang rasanya tidak kalah lezat.

Menurut legenda, roti ini berasal dari Eropa untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atas pasukan Umayyad dalam peperangan di Tours pada tahun 732, dengan bentuk seperti bulan sabit yang merupakan lambang dari Islam, sedangkan dalam legenda yang lain atau menurut sumber-sumber yang lain roti ini diciptakan pertamakali di Buda atau Vienna pada tahun 1683 untuk merayakan kemenangan pasukan Kristen atas Ottoman pada peperangan memperebutkan kota ini, sebagai gambaran atas bulan sabit yang terdapat pada bendera Ottoman; Jangka waktu pembuatannya menurut tata cara mula-mulanya dapat memakan waktu beberapa hari; maka dari itu, perlu tingkat kesabaran yang tinggi. Dewasa ini, roti sabit dalam jumlah besar biasanya dibuat dengan mesin.




4 komentar:

  1. Foie Gras (bacanya voagra ya) terkenang banget di K-drma pasta
    cuma seipet harganya masya allah

    BalasHapus
  2. Tarte Tartin, aku tertarik dengan penampilannya dan agak familiar juga sih
    rasanya hem, nggk tahu deh hehe

    BalasHapus
  3. Kok aku ga tega jadinya pas tau kalo angsa dan bebeknya agak disiksa supaya hatinya besar yaa :( .. Walo penasaran ama rasanya, tp kalo memang cara ternaknya seperti itu, jadi ga terlalu pengin :(

    Makanan lain, croissant palingan yg familiar :p..

    Kalo Nicoise salad, aku tertarik nih mau coba. Kyknya seger aja liat sayurannya plus potongan dagingnya itu loh :D

    BalasHapus
  4. perancis memang sangat terkenal dengan keindahan tak terkecuali dengan masakannya...yang angsa memang kontroversial tapi lezat kayaknya,,,

    BalasHapus

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.

Diberdayakan oleh Blogger.