Es Goyobod yang Segar dan Memanjakan Lidah

Halo Food Lovers


Jika pergi ke bandung maka yang harus dicari selain kuliner makanan adalah salah satu minuman yang sudah sangat legendaris yaitu Es Goyobod. Minuman dingin dan segar ini merupakan salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat. 

Es Goyobod terbuat dari tepung hunkwe yang dipotong-potong dengan bentuk kubus atau bentuk lainnya. Es goyobod selain enak, dia juga memiliki tekstur yang kenyal, sehingga dapat dinikmati oleh semua orang. Campuran santan kenal dan gula kawung merupakan ciri khas dari es goyobod yang membuat rasa gurihnya sangat menggoda selera. 

Untuk es goyobod original memang disajikan dengan santan, gula dan es batu saja. namun sekarang banyak kreasi dari es goyobod, sehingga menambahkan rasa yang luar biasa disetiap suapnya. 

Untuk es goyobod modern biasanya di campur dengan kelapa muda, alpukat, pacar cina, kolang-kaling, potongan roti tawar dan peuyeum bandung ( tape singkong ). 

Jika kamu ingin menikmati es goyobod yang enak dan paling populer dibandung, anda dapat mengunjungi Goyobod Kuno 1949 yang berada di kawasan Pasar Baru, di Jalan Pasar Utama, yang letaknya tak jauh dari toko jamu Babah Kuya.

Kini, Es Goyobod mudah ditemui di kota-kota Jawa Barat, khususnya Kota Garut dan Bandung. Es campur ini akan selalu diminati masyarakat. Kesegaran es serut, kuah gula, susu, goyobod, dan beberapa buah membuat tenggorokan ini ingin terus menelan Es Goyobod ini hingga tetes terakhir.

Sejarah Singkat

Es ini diperkenalkan oleh Junaedi, seorang pedagang Sunda yang mengadu peruntungannya di Jakarta tahun 1930-an. Junaedi beranggapan, Kota Jakarta yang panas, menjual es adalah hal yang tepat. Dengan komposisi sederhana: es, goyobod, dan santan, Junaedi percaya diri menjajakan es campur ini ke masyarakat ibu kota.

Namun harapan Junaedi tidak sesuai dengan realita. Bertahun-tahun menjual es goyobod, ternyata es campur ini tidak pas di lidah masyarakat Jakarta. Untunglah Junaedi memiliki anak bernama Usep Suryana. 

Dialah yang bertekad melanjutkan usaha ayahnya. Tekadnya itu ia buktikan dengan membawa Es Goyobod ke Bandung tahun 1940.

2 komentar:

  1. pingin makan es jadinya...hu hu hu

    BalasHapus
  2. Baru sekali saya minum es goyobod & emang bikin ketagihan sih
    sayang ditempat saya jarang yg jual

    BalasHapus

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.