Header Ads

banner image

Hangatnya Bajigur yang Melegenda

Halo Food Lovers


Jika masyarakat Betawi mengenal bir pletok dan orang-orang di Dataran Tinggi Dieng memiliki purwaceng sebagai minuman tradisional yang berkhasiat, masyarakat Sunda juga punya. Namanya Bajigur. Entah darimana toponimi itu berasal, tapi yang pasti bajigur memiliki cita rasa yang segar selain juga berkhasiat.

Bajigur ini merupakan minuman khas Bandung yang hangat, dan khasnya masyarakat Sunda, Jawa Barat Indonesia. Bahan utama pembuatan bajigur ini merupakan gula aren dan santan. 

Untuk menambah kenikmatan dicampurkan sedikti jahe, garam dan bubuk vanili. Nah, minuman yang disajikan para pedagang di pinggiran kota Bandung, biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor.

Untuk kamu yang doyan sekali dengan minuman hangat, bajigur ini sangat cocok diminum ketika cuaca dingin dan basah sehabis hujan turun. Makanan khas Bandung seperti cireng atau pisang rebus, ubi rebus atau kacang rebus sangat cocok untuk menemani bajigur yang hangat ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, Bajigur dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk yang tinggal diseduh menggunakan air hangat, tujuannya agar bisa dinikmati secara praktis kapanpun dan di manapun tanpa harus repot-repot membuat Bajigur secara tradisional.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.

Diberdayakan oleh Blogger.