Header Ads

banner image

Nasi Tutug Oncom yang Kaya Rasa

Halo Food Lovers


Jawa Barat memiliki banyak sekali warisan kuliner yang mampu memanjakan lidah. Banyak resep warisan yang kemudian dijadikan makanan yang bercitarasa tinggi. Salah satunya adalah Nasi Tutug Oncom.

Nasi Tutug Oncom atau sering disingkat T.O. dalam bahasa Sunda adalah makanan khas dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Tutug oncom dibuat dari nasi yang diaduk bersama tambahan oncom goreng atau bakar. 

Secara bahasa, kata tutug dalam bahasa Sunda berarti “menumbuk,” proses aduk dan tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi asal nama dari makanan tutug oncom.

Saat ini, telah tersedia tutug oncom instan yang bisa kamu pilih sebagai oleh-oleh. Tutug oncom instan sudah dikemas dan mampu bertahan hingga berbulan-bulan tanpa bahan pengawet.

Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti asal muasal nasi tutug oncom. Selain sudah ada secara turun-temurun, nasi tutug oncom seolah sudah menjadi makanan wajib bagi orang Sunda sejak zaman dahulu.

Menurut Pupuhu Caraka Sundanologi Bandung Adang S, sejak tahun 1940-an nasi tutug oncom sudah disajikan sebagai teman sarapan. Awalnya, kata Adang, oncom tersebut hanya dibakar dan ditambah garam, tanpa diberi bumbu macam-macam.

Oncom bakar tersebut lalu dijadikan teman makan nasi. Disajikan dengan teh tanpa gula, oncom bakar biasanya dimakan pada pagi hari sebagai teman sarapan. “Orang Sunda zaman dulu, meski punya peliharaan ayam atau ikan, tidak pernah makan hewan peliharaan tersebut. Hewan-hewan tersebut baru dipotong saat Lebaran tiba,” kata Adang.

Kebiasaan suku Sunda tersebut membuat oncom seolah menjadi makanan wajib. Bisa dipastikan, pada zaman dahulu hampir setiap rumah memiliki kebiasaan memasak nasi tutug oncom. Selain rasanya yang gurih, pembuatan nasi tutug oncom ini relatif mudah dan murah.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.

Diberdayakan oleh Blogger.