Es Selendang Mayang, Minuman Khas Betawi Penahan Lapar

Halo Food Lovers


Es satu ini merupakan makanan khas Jakarta yang biasanya disajikan di acara tradisional masyarakat Betawi. Es selendang mayang termasuk sajian yang langka, karena memang hanya dibuat untuk memperingati momen tertentu. Bagi mereka yang sudah pernah mencicipinya akan setuju bahwa es ini efisien untuk menahan lapar, karena memang bahan dasarnya adalah tepung beras.

Es Selendang Mayang ini dulu sangat terkenal di kalangan masyarakat Betawi. Minuman satu ini awalnya merupakan salah satu minuman yang di sajikan saat acara tertentu seperti acara lebaran dan acara keluarga lainnya. 

Namun seiring dengan perkembangan, minuman satu ini mulai tenggelam dan sudah jarang kita temui karena banyak yang menganggap minuman satu ini merupakan minuman kuno.

Es Selendang Mayang ini terbuat dari bahan dasar tepung beras. Kuah yang di gunakan terbuat dari bahan seperti air santan, daun pandan, gula merah. Dalam proses pembuatannya, air di masak hingga mendidih, kemudian di masukan daun pandan, garam, dan gula pasir hingga larut, atau bisa juga di tambahkan susu untuk penambah rasa. 

Kemudian masukan tepung beras dan di aduk dengan cepat hingga tercampur dan merata. Setelah setelah matang kemudian tuangkan kedalam Loyang dan di beri pewarna makanan. Kemudian ratakan perwarna makanan pada adonan tersebut sampai rata, lalu dinginkan hingga mengeras. 

Untuk penyajiannya, setelah adonan dalam Loyang tersebut mengeras, kemudian di potong kecil dan di taruh ke dalam gelas. Kemudian di siram dengan air santan dan air gula merah, tidak lupa tambahkan juga es batu.

Selain air santan dan gula merah, pada penyajian Es Selendang Mayang ini ada juga yang menggunakan potongan buah nangka agar menambah cita rasa dan aroma pada es tersebut. 

Namun kini, kalian tidak perlu lagi repot menunggu acara tradisional Betawi untuk mencoba es selendang mayang. Beberapa kafe dan restoran di Jakarta sudah memberikan penghormatan terhadap sajian ini dan mencantumkannya di daftar menu mereka.

Baca Juga : Bir Pletok yang Segar dan Tidak Memabukan

Beberapa penjual di kota tua membuat minuman ini dengan bahan dasar tepung hunkwe dengan alasan lebih mudah dan efisien.
Es Selendang Mayang, Minuman Khas Betawi Penahan Lapar Es Selendang Mayang, Minuman Khas Betawi Penahan Lapar Reviewed by Doni Nurdiansyah on 09.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.

Diberdayakan oleh Blogger.