Bibimbap yang Kaya Rasa dari Korea

Halo Food Lovers


Bila kamu pernah ke Korea pasti mengenal satu makanan khas negeri gingseng tersebut. Ya! Bibimbap namanya. Inilah makanan yang paling sering muncul di drama-drama Korea. Setiap nonton drama Korea, makanan yang satu ini tidak akan ketinggalan, selalu muncul dan bikin kita ngiler.

Bibimbap adalah hidangan berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Namanya secara harafiah berarti "nasi campur" yang berasal dari kata 비빔 (campur) dan 밥 (nasi). Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.

Bibimbap memiliki variasi yang banyak menurut daerahnya di Korea. Kota Jeonju di Jeolla Utara adalah kota asal variasi bibimbap daerah yang paling terkenal di Korea. "Jeonju bibimbap" (nasi campur Jeonju) merupakan bibimbap yang berisi lauk pauk yang paling banyak di Korea.

CNN Travel pernah menempatkan Bibimbap di urutan ke-40 makanan paling enak seantero jagad. Dan hal ini membuat masakan ini menjadi terkenal diseantero dunia khususnya Asia.

Bagi yang suka pedas, biasanya bibimbap disajikan dengan pasta capai yang banyak. Restoran dan kedai makan di Korea lebih sering menyajikan bibimbap di atas mangkuk batu yang disebut dengan dolsot bibimbap. 

Panas dari mangkuk batu inilah yang akan mematangkan telur mentah yang diletakkan diatas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk. Sebelum makan nasi dan lauk diaduk menjadi satu. Itu mengapa disebut sebagai nasi campur. Sedap bukan?.

Nasi campur ala Korea ini memiliki banyak variasi menurut asal daerahnya namun yang paling terkenal adalah Jeonju Bibimbap yang berasal dari kota Jeonju, Jeonju Utara. Bibimbap jenis ini agak berbeda dengan nasi campur yang berasal dari kota-kota lain. 

Beras dimasak kemudian atasnya diberi 30 macam sayuran yang berda ditambah telur goreng, kacang pinus, dan beberapa bahan lainnya. Hidangan utuh ini menawarkan keseimbangan protein, vitamin, mineral, karbohidrat dan lemak. 

Sejarah lain mengatakan bahwa makanan ini untuk pertama kalinya disajikan di atas meja makan kerajaan namun kemudian diturunkan dan menyebar ke kalangan kelas bawah. 

Di Jeonju, orang-orang sudah makan Bibimbap sejak dua ratus tahun lalu. Pada masa itu beras yang sudah dimasak atasnya diberi sayuran dari 10 bahan yang berbeda dan menjadi hidangan yang sangat enak karena dimasak oleh wanita-wanita yang mempunyai ketrampilan memasak yang baik.
Loading...

2 komentar:

  1. Bibimbap salah satu makanan yang bikin ngiler kalo pas lagi nonton drakor. Pengen banget cobain rasanya

    BalasHapus
  2. Saya termasuk penggemar bibimbap nih kalau ke resto korea ga lupa pasti pesan ini dulu :D baru yang lain sebagai cuci mulut *eh

    BalasHapus

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.

Adbox