Kue Cubit, Jajanan Khas Bandung yang Mengigit

Halo Food Lovers


Kue Cubit, kue imut yang kalau sudah matang diambilnya dengan cara di’cubit’ dengan alat khusus. Kue cubit sebenarnya hanya jajanan khas Bandung yang biasa saja, dan sering ditemukan mangkal di dekat taman kanak-kanak atau sekolah dasar.

Kue cubit ini memiliki rasa yang manis, bentuknya begitu menarik perhatian setiap orang, wajar saja jika begitu banyak yang menyukai. Sering kali kita melihat gerobak-gerobak yang menjual kue cubit di jalanan sekitar bandung penuh sesak oleh pembeli, karena cukup laris.

Taburan cokelat mesies diatas kue, merupakan salah satu ciri khas si kue imut, kue cubit. Ada beberapa varian dalam proses pemasakannya, yaitu setengah matang dan matang penuh. Varian setengah matang ini justru malah banyak penggemarnya, hal itu dikarenakan sensasi kenikmatan yang dihasilkan begitu menarik.

Adonan bagian atasnya nanti akan terasa sedikit lebih cair, manis, hangat, dan tentunya rasa tepung terigu masih terasa. Puncak dari kenikmatannya itu saat di gigit … hmmm .. nyuss.. lembut di mulut, melumer banget tentunya bikin tambah ngiler. 

Asal penamaan dari si kue cubit ini mungkin karena si kue memiliki ukuran yang kecil dan ketika mengambil kue ini dari cetakan memerlukan alat seperti tusuk lidi atu penjepit, iya seperti halnya mencubit. 

Berbeda orang maka berbeda pula pendapatnya, kalau kata sebagian orang dinamakan Kue Cubit karena pedagang ketika memberikan kepada kue cubit kepada pembeli dengan cara di dijepit.

Kue cubit bisa dikatakan menjadi makanan yang sudah langka di kota kembang bandung. Hal ini terjadi karena penjual kue cubit berjualan tak menentu, namun terkadang sering kita temui di sekolah dasar yang berada di bandung.

Tapi sekarang ini kue cubit sudah banyak inovasinya, dimulai dari Kue Cubit Greentea, sekarang terus berkembang hingga ada Kue Cubit Oreo, Kue Cubit Red Velvet, Kue Cubit Taro, dan masih banyak lagi varian rasa dan topping lainnya. 

Kamu bisa menemukan kue cubit kekinian ini di Kue Cubit Cisangkuy, Kue Cubit Sumatera (belakang BIP), Kue Cubit Cimanuk (dekat Erha Clinic), Kue Cubit Hariang Banga (dekat Kupu Bistro), dan yang lainnya.


Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.

Adbox