Lahmacun, Pizza ala Turki yang Punya Kelezatan Tersendiri

Halo Food Lovers



Bagi orang Indonesia, makanan khas Turki yang paling banyak dikenal adalah Kebab. Namun, jika ditelisik, Turki memiliki banyak makanan khas yang terkenal dengan kelezatannya. Nah, kali ini Ngefood akan coba mengulas makanan khas Turki yang jika dilihat mirip dengan Pizza Italia, yaitu Lahmacun

Lahmacun merupakan makanan yang mirip denga Pizza yang terbuat dari adonan roti yang diberi aneka topping seperti daging cincang dan sayuran tomat, bawang bombay, peterseli yang dipanggang sampai suhu tertentu.

Walau lahmacun lebih mirip pizza, tetapi lahmacun tidak memakai saus tomat. Dasarnya adalah roti tipis yang garing. Topping-nya pun kebanyakan hanya daging cincang yang dibumbui, lalu “disiram” dengan perasan jeruk nipis.

Yang membedakannya lagi dengan Pizza adalah ukurannya lebih kecil dari pizza, sehingga lebih ringan. Di restoran, lahmacun sering disajikan sebagai meze atau appetizer, dihidangkan secara datar (flat). 

Tetapi, di pinggir-pinggir jalan, lahmacun biasanya digulung, lalu dibungkus kertas, agar dapat dimakan sambil berjalan-jalan. Mirip involtini alias pizza gulung di Italia.

Orang Turki biasanya memakan lahmacun dengan menambahkan perasan air lemon. Hal ini akan membuat lahmacun semakin nikmat untuk disantap dan memperkaya rasa. Untuk memakannya bisa anda gulung, dilipat setengah atau dirobek.

Jika kamu tak menyukai daging atau vegatarian, topping dagingnya bisa diganti dengan beetroot sehingga tidak mengilangkan citarasanya. 

Untuk melihat bagaimana cara pembuatannya, kamu bisa melihatnya lewat tanyang video berikut ini.

Loading...

2 komentar:

  1. wah.. siang2 kayak gini baca yang beginian jadi laper kak, heheh kebetulan aku suka banget pizza tapi belom pernah nyobain yang ini

    BalasHapus
  2. Waktu ke istanbul dulu, aku ada ngeliat makanan ini. Tp krn bentuknya sekilas mirip kebab digulung gitu, aku ga jd beli. Mikirnya, kebab mah banyak di indo.. Pgn nyobain yg lain khas turki :D. Ternyata baru tau ini sejenis pizza

    BalasHapus

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.

Adbox