5 Makanan Olahan Telur dari Berbagai Negara yang Memanjakan Lidah

Halo Food Lovers

Makanan olahan telur memang sangat beragam di setiap negara. Di Indonesia makanan ini biasa kita santap saat dimasak menjadi telur dadar, telur ceplok atau kerak telor betawi. 


Cita rasa dari makanan olahan telur ini biasanya akan memanjakan lidah dan membuat penikmatnya ketagihan. Lalu bagaimana makanan olahan telur yang ada di berbagai negara.

Berikut Ngefood akan mengulas 5 Makanan Olahan Telur dari Berbagai Negara yang Memanjakan Lidah. Semoga menjadi referensi buat kamu yang sekarang sedang bingung membuat menu dari telur.

1. Scotch Egg – Inggris



Jika mendengar nama scotch egg, beberapa orang mungkin akan bertanya-tanya "apa sih scotch egg?". Scotch egg adalah salah satu panganan asal Inggris. Biasanya disajikan bersama dengan acar, saus, ataupun potongan bacon. Kalau dilihat sepintas, scotch egg ini mirip sekali dengan bakso dengan isi telur rebus.

Tak heran, jika ditilik dari bahan yang digunakan untuk membuatnya memang tidaklah jauh berbeda. Daging yang digiling dicampur dengan telur yang sudah dikocok lepas, terigu dan juga bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, dan juga garam. Adonan daging ini digunakan untuk membungkus telur rebus utuh. Barulah di balut dengan tepung roti dan digoreng hingga matang.


Di Inggris, Scotch egg ini cukup populer, biasanya dijadikan menu yang harus ada di keranjang piknik. Disantap sebagai camilan dengan cocolan saus sambal ataupun dengan mayones. Rasanya kres..kres.. renyah dan gurih! Scotch egg ini cukup kaya akan protein hewani yang berasal dari daging dan telurnya.

2. Huevos Rancheros – Meksiko



Huevos Rancheros punya arti peternakan telur. Alasan kenapa disebut demikian sebab hidangan satu ini memang berasal dari kawasan peternakan di Meksiko. Telur disajikan di atas tortilla jagung bersama salsa, kacang, dan alpukat.

Huevos rancheros merupakan menu sarapan tradisional Meksiko yang sangat populer di seluruh Amerika karena cita rasanya yang sangat lezat dan memanjakan lidah para penikmatnya.

Versi paling sederhana dari huevos rancheros terdiri dari tortilla jagung goreng ringan, dan telur goreng dengan beberapa jenis saus pedas.

3. Menemen – Turki



Pernah dengar makanan yang satu ini? Menemen adalah menu tradisional yang sering di santap saat sarapan. Orang asli Cappadocia senang sekali menyantap menemen karena terasa ringan dan cocok untuk sarapan. 

Menemen terdiri dari irisan tomat, bawang, garam, merica, orak arik telur lalu di masak dengan minyak zaitun asli. Untuk menemukan menu sarapan ini, Anda bisa menjelajahi toko di sekitar Cappadocia, karena tidak semua hotel menyediakan menu tradisional ini. 

4. Tamagoyaki - Jepang



Jepang pun memiliki hidangan telur andalan yang sangat populer, lho. Nama hidangannya adalah tamagoyaki. Hidangan yang satu ini dapat didefinisikan sebagai telur dadar gulung khas Jepang. Bedanya, membuat tamagoyaki terbilang gampang-gampang susah jika dibandingkan telur dadar biasa.

Tamagoyaki memiliki warna kuning yang sangat menggugah selera. Proses memasak tamagoyaki harus dilakukan secara seksama supaya telur tidak mudah hangus saat dimasak. dengan menggunakan wajan berbentuk persegi, kamu harus memasak adonan telur yang sudah dikocok dengan api kecil. Setelah lapisan pertama matang, maka kamu patut menggulungnya dan memasak lapisan kedua. Begitu seterusnya sampai lapisan-lapisan telur dadar membentuk gulungan tebal. So yummy.

5. Deviled Eggs – Italia



Kalau dilihat dari bentuknya, Kamu pasti mengira kalau devilled eggs ini adalah telur rebus biasa. Tapi, Kamu baru bisa mengetahui letak keistimewaannya saat mencicipi hidangan tersebut. Sebab, bagian dalam telur ini terbuat dari pasta kuning telur, mustard, dan mayonnaise.

Menjadi makanan tradisional Italia, deviled egg sebenarnya adalah olahan telur rebus yang diisi dengan isian kuning telur yang gurih. Telur rebus yang sudah dipotong dua kemudian diolesi dengan saus spesial yang terbuat dari kocokan kuning telur yang dicampur dengan mustard, mayonnaise dan lada. Irisan sayuran seperti wortel dan mentimun membuat hidangan ini terlihat lebih berwarna.  

Loading...

1 komentar:

  1. Mimin nya bikin laper ajah,, pengen nyobain Tamagoyaki deh,, agak beda sendiri..

    BalasHapus

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.

Adbox