Waterzooi, Sup Khas Belanda yang Kaya Rasa

Halo Food Lovers



Jika kamu pernah ke Belanda, maka tak lengkap jika tidak mencicipi makanan tradisional negeri kincir angin ini. Makanan berjenis sup ini bernama Waterzooi. Sup ini cocok disantap pada musim dingin tiba.

Waterzooi adalah rebusan klasik dari Flanders. Namanya diambil dari bahasa Belanda, "zooien" yang berarti "merebus". Kadang disebut Gentse Waterzooi (dalam bahasa Belanda) yang mengacu pada Ghent, sebuah kota di Belgia.

Bentuk asli terbuat dari ikan, baik air tawar atau laut, (viszooitje), meskipun sekarang waterzooi ayam (kippenwaterzooi) lebih umum. Teori yang paling diterima yaitu sungai-sungai di Ghent menjadi sangat tercemar dan ikan disana menghilang. Rebusan terbuat dari ikan atau ayam, sayuran termasuk wortel, daun bawang dan kentang, herba, telur, krim dan mentega.

Pada awalnya makanan ini terbuat dari ikan, baik air tawar atau laut, mengingat daerah tutorialnya yang dekat dengan laut. Namun sekarang ini, Waterzooi menggunakan bahan yang yang lebih mudah yaitu ayam. Bahan yang berubah ini turut merubah nama makanan ini menjadi kippenwaterzoi. 

Mengapa tidak menggunakan daging ikan lagi? Salah satu yang paling mudah diterima adalah sungai – sungai di Ghent, tempat asal Waterzooi dibuat sudah sangat tercemar, sehingga ikan – ikan disana pun menghilang. 

Seperti namanya, makanan ini adalah rebusan ayam atau ikan, dan dipadukan dengan berbagai macam jenis sayuran, seperti wortel, daun bawang, kentang, dan herba. Dan dimasukan juga telur, krim dan mentega. Makanan ini dapat anda dinikmati dengan Baguette, semacam roti tawar khas Belanda.

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.

Adbox