Kanazawa Ice, Es Krim Anti Leleh yang Lezat dari Negeri Sakura

Hai Food Lovers

Jepang memang terkenal dengan inovasinya yang selalu mengundang decak kagum. Tak hanya dalam bidang teknologi saja, kali ini inovasi dari Negeri Matahari Terbit itu merambah ke bidang kuliner.


Salah satu inovasi yang berhasil diciptakan adalah Kanazawa Ice, es krim yang kuat terhadap suhu hangat. Berbeda dengan es krim pada umumnya yang akan meleleh jika terkena suku hangat, Kanazawa Ice tidak meleleh walau disimpan di bawah terik matahari.

Seperti yang dikutip dari vemele.comseorang reporter Asahi Shimbun membuktikannya langsung. Di tengah suhu 28 derajat celcius, ia mencoba berdiri di tengah terik sinar matahari selama lima menit sambil memegang es krim. Hasilnya, es krim tetap bertahan pada bentuk aslinya alias tidak mencair.

Mengepa bisa begitu?

Rahasianya ada pada cairan polifenol yang diperoleh dari ekstrak stroberi.

Tomihisa Ota, Profesor farmasi dari Universitas Kanazawa sekaligus pengembang dan penemu es krim antileleh menjelaskan, cairan polifenol memiliki kandungan zat yang bisa membuat air dan minyak sulit dipisah. Dan es krim yang menggunakan bahan terebut bisa lebih tahan lama dan nggak gampang mencair.

Ketika melakukan berbagai macam uji coba untuk membuat jenis panganan baru dari ekstrak stroberi, ditemukan bahwa krim susu bisa lebih cepat mengental saat diberi tambahan ekstrak polifenol stroberi. Dari situ kemudian, Ota terus berinovasi dan akhirnya berhasil menciptakan Kanazawa Ice.

Hal lain yang menarik adalah penemuan es krim ini dilakukan denga tidak sengaja. 

Awalnya, peneliti di lembaga tersebut diminta oleh seorang koki untuk membuat hidangan penutup dengan bahan polifenol yang terbuat dari ekstrak cairan stroberi.

Ternyata dalam prosesnya, krim yang dicampurkan dengan polifenol tersebut justru mengeras. Pada saat itulah peneliti sadar bahwa mereka menemukan sesuatu yang langka.

Tersedia tiga jenis rasa yakni vanila, stroberi, dan matcha dengan bentuk kue tradisional khas Kanazawa dan motif kebudayaan samurai. Es krim yang paling populer adalah rasa matcha dengan motif pemandangan Yukizuri Kenroku-en di musim dingin. 

Es krim bernama “Yukizuri Fuu” ini dijual dengan harga 650 Yen. Es krim ini dijual satu paket dengan topping serbuk emas (kimpaku) dan saus kinako (bubuk kacang kedelai).

Selanjutnya es krim “Maeda-ka Kamon Fuu” rasa vanila dengan motif simbol keluarga Maeda-Kagahan (keluarga yang berkuasa di daerah Kanazawa pada masa samurai). Tekstur es krim yang sedikit tajam di lidah ini memberikan sensasi segar khas dengan rasa manis pas.

Jadi penasaran untuk mencoba? Sayangnya es krim ini belum ada di Indonesia. Jadi, mungkin jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Jepang kamu bisa mampir ke Kanazawa Ice.

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.

Adbox